03 September 2008

Sertifikat Kompetensi, Surat Tanda Registrasi, Surat Ijin Praktek

Buat mahasiswa kedokteran yg dah koass n ngebet bgt pengin praktek dokter, mungkin bertanya-tanya,"apa yg mesti disiapin selepas sumpah dokter?"

Setelah disumpahin, ada step-step yg mesti dilewatin supaya kita bisa praktek secara legal di Indonesia. Pertama adalah mesti lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). UKDI yang dijalankan sekarang berformat ujian tertulis. Tapi, ini hanya masa peralihan!! Coz UKDI yang ideal dan menjadi gold standar adalah program internship. Nah, mengingat program internship belum siap maka sementara UKDI dijalankan seperti saat ini, yakni ujian tertulis. Kalo dinyatakan lulus, kita bakal dapet sertifikat kompetensi.

Step kedua adalah, pengajuan registrasi. Tujuannya agar kita terdaftar resmi sebagai dokter di Indonesia. Sama halnya dengan UKDI, registrasi ini juga diurus oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Berdasarkan pengalaman, Surat Tanda Registrasi (STR) akan dikirim secara otomatis bila kita dinyatakan lulus UKDI.

Step ketiga yakni berburu Surat Ijin Praktek (SIP), istilah kampungnya Medical License. SIP ini diurus di IDI tempat kita bakal praktek. SIP ini berlaku untuk 5 tahun. Untuk memperpanjang kita mesti uji kompetensi lagi.

Kapan biasanya UKDI dilaksanakan n format pertanyaannya seperti apa, tunggu aj.. ato buat temen2 yg punya info bisa upload kesini..

Tidak ada komentar: